Tetap Sehat Selama Work From Home

Rasanya saya tidak akan bosan menulis semua hal yang berdampak akibat pandemi COVID-19 ini, setelah memberikan tips kebersihan saat pademi corona di artikel sebelumnya. Kali ini, yuk kita bahas tips menjaga kesehatan selama kita #dirumahaja. Ini penting terutama bagi Anda yang menerapkan sistem WFH (work from home). Apalagi bagi sebagian orang yang sama sekali tidak terbiasa bekerja dari rumah.

Menjaga kesehatan itu sebenarnya tidak neko-neko, namun komitmen untuk melaksanakannya dengan rutin itu yang sulit bagi sebagian orang (termasuk saya). Berikut beberapa tips sehat yang mudah untuk dilakukan saat Anda harus bekerja di rumah :

Sumber : Freepik.com

1. Olahraga

Jika Anda merasa selalu tidak sempat untuk berolahraga, maka saya sarankan untuk Anda membuat jadwal kegiatan dalam seminggu. Dari bangun tidur sampai tidur kembali, pastikan Anda memasukkan jadwal berolahraga paling tidak 3 kali dalam seminggu dan di waktu senggang.

Kalau saya lebih memilih berolahraga di sore hari, karena sore adalah waktu senggang buat saya. Karena di pagi hari saya harus menyiapkan sarapan, mencuci piring dan baju jika ada, berjemur dan melanjutkan kerja sebagai freelancer.

Sumber : Freepik.com

2. Ruang kerja

Walaupun bekerja di rumah hanya sementara, Anda tetap memerlukan ruangan kerja agar Anda bisa bekerja dengan lebih fokus. Selain itu berkas-berkas penting yang berhubungan dengan pekerjaan Anda bisa disimpan di satu tempat yang aman dari anak-anak. Ambil satu sudut rumah atau lokasi dimana tidak terlalu sering dilewati, entah di bawah tangga atau di ruang tamu.

Benda Wajib di Meja Kerja Penunjang Produktifitas

Hias ruangan itu sesuai dengan jenis pekerjaan Anda, memiliki penerangan yang cukup, memiliki lemari untuk Anda meletakkan peralatan ATK, berkas dan juga telepon. Jangan lupa untuk membuat ruangan senyaman mungkin, karena tempat ini akan menjadi tempat Anda banyak menghabiskan waktu untuk bekerja.

Sumber : Freepik.com

3. Makan Sehat

Sesibuk-sibuknya, saya selalu menyempatkan untuk memasak sendiri makanan dirumah. Baik makanan utama sampai cemilan untuk keluarga, jadi saya tahu benar asupan gizi dan vitamin keluarga saya terpenuhi.

Jadi sebelum berbelanja saya akan membuat menu sarapan, makan siang, camilan dan makan malam dalam seminggu. Jadi saya memilah-milah makanan apa yang boleh dan tidak boleh di makan dalam satu hari. Untuk resep-resepnya saya browsing ke internet seperti olahan sup jagung, buah-buahan yang bagus untuk menjaga stamina, dan camilan-camilan yang mudah dibuat untuk anak-anak seperti pai susu atau pizza teflon.

Patuhi alur jadwal makan Anda. Letakkan camilan yang sehat di meja kerja Anda. Seperti salad buah atau keripik bayam, jus sehat. Sesekali tidak apa-apa Anda memberikan diri Anda satu potong cake sebagai hadiah untuk diri Anda (asal tidak terlalu sering).

Ambil waktu istirahat Anda untuk makan siang di meja makan bersama keluarga. Karena membawa makanan ke meja kerja membuat Anda tergoda untuk lebih fokus untuk menyelesaikan pekerjaan dibandingkan menghabiskan makanan Anda. Beri contoh yang baik ke anak-anak Anda di rumah.

Sumber : Freepik.com

3. Tetap Terhidrasi

Letakkan botol air dengan kapasitas satu liter, dan pastikan Anda menghabiskannya secara berkala. Selain untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh anda setiap harinya, terkadang kita salah mengartikan rasa haus dengan rasa lapar. Jadi sering kali kita memilih untuk mencari camilan daripada kita minum dulu seteguk air.

Sumber : Freepik.com

4. Kendalikan kafein yang masuk ke dalam tubuh

Saya penyuka kopi dan juga teh, dan hampir setiap hari saya menyeduh kopi untuk menemani saya bekerja, baik bekerja untuk kantor maupun pekerjaan rumah.

Tahukah Anda, dikutip dari FDA, Anda bisa minum kopi dan teh sebanyak 400 ml (atau setara dengan empat atau lima gelas) dalam sehari, tapi hal ini tergantung pada riwayat kesehatan masing-masing orang. Tapi dalam minum minuman yang berkafein ini, mengatur waktu dalam mengonsumsi kopi atau teh juga penting, agar pengaruh kafein tidak mengganggu waktu tidur dan bangun Anda. Waktu yang terbaik untuk minum kopi adalah jam 9 pagi sampai jam 11 siang.

Sumber : Freepik.com

5. Istirahat

Beranjak dari kursi Anda setidaknya satu jam sekali, untuk berjalan-jalan sekitar rumah. Hal ini bisa mengatasi badan Anda yang kaku karena tidak banyak digerakkan saat harus bekerja di depan komputer. Atau anda bisa menambahkan meja kecil di meja kerja Anda dan buat diri Anda bekerja sambil berdiri, sehingga Anda bisa menggerakkan kaki dan badan.

Biasanya saya memanfaatkan waktu istirahat singkat saya dengan mengerjakan pekerjaan rumah, entah itu mencuci piring atau sekedar bersih-bersih ringan. Mungkin bagi sebagian orang hal ini aneh, tapi entah kenapa ada perasaan rileks saat tahu ada satu pekerjaan rumah yang sudah saya kerjakan sekaligus mengerjakan pekerjaan kantor. Jadi buat saya hal ini seperti win win solution bagi saya yang tidak memiliki ART untuk membantu pekerjaan rumah. Apalagi sebagai content writer seperti saya, istirahat singkat sering memberikan bahan buat saya untuk menulis sesuatu.

Penuhi kebutuhan akan camilan sehat Anda saat bekerja di rumah dengan promo-promo terhemat di hemat.id atau unduh aplikasi Kliptalog untuk membantu Anda dalam membuat daftar belanja Anda.

Sumber :

  1. //www.huffpost.com/
  2. //www.fda.gov/consumers/consumer-updates/
  3. //www.entrepreneur.com/

Dapatkan Panduan Belanja Hemat dalam Newsletter Hemat.id!