Coba Latihan Yoga dan Rasakan 6 Manfaat Ini!

Salah satu hal penting untuk menjaga kesehatan tubuh yang sering diabaikan oleh banyak orang adalah berolahraga. Padahal, tanpa berolahraga, kebugaran tubuh kita tidak akan optimal. Jenis olahraga sendiri ada berbagai macamnya, dari mulai yang paling sederhana dan bisa dilakukan di rumah, yang banyak bergerak, sampai yang menenangkan seperti yoga.

Meski jika dilihat sekilas, olahraga yoga nampak seperti tidak banyak bergerak aktif, tapi olahraga ini juga memberikan banyak manfaat untuk tubuh kita. Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari rutinitas melakukan latihan yoga.

Memperbaiki teknik pernapasan

Sumber: Unsplash

Latihan yoga dapat kita sebut sebagai jenis olahraga yang memusatkan gerakan-gerakannya pada teknik pernapasan. Salah satu tujuan dari olahraga ini adalah untuk memperluas kapasitas paru-paru. Sehingga, dengan tarikan napas yang lebih sedikit, kita bisa mendapatkan jumlah oksigen yang sama atau bahkan lebih banyak daripada tarikan napas pada umumnya. Latihan pernapasan inilah yang membuat banyak orang merasakan manfaat yoga.

Melatih teknik napas dengan panjang dan perlahan adalah salah satu teknik yang tidak dikuasai banyak orang. Padahal, manfaat dari teknik ini ada banyak sekali. Teknik ini akan membantu kita menjaga kesehatan organ-organ pernapasan kita. Tidak hanya itu, teknik pernapasan yang lebih baik juga akan menjaga kesehatan jantung sekaligus mengurangi faktor risiko penyakit jantung.

Perlengkapan yoga mulai dari mat hingga handuk. Cek promonya!

Melatih daya ingat, fokus, dan konsentrasi

Yoga dapat membantu kita meningkatkan kemampuan fokus, konsentrasi, dan daya ingat. Hal ini masih ada kaitannya dengan teknik pernapasan yang kita bahas sebelumnya. Latihan pernapasan dan gerakan meditatif dalam yoga bertujuan untuk menenangkan pikiran dan tubuh kita. Kita akan berlatih untuk menyingkirkan segala pikiran dan perasaan yang mengganggu fokus kita. Dengan demikian, kita dapat berkonsentrasi penuh ketika melakukan gerakan-gerakan yoga.

Kemampuan konsentrasi ini berbanding lurus dengan daya ingat seseorang. Semakin baik kemampuan seseorang berkonsentrasi, maka semakin baik pula daya ingatnya. Jika kemampuan konsentrasi kita sudah membaik, maka bisa jadi daya ingat kita juga mengalami peningkatan. Akibat manfaat ini, sudah banyak ahli yang menggunakan latihan yoga untuk menangani penyakit Alzheimer atau penyakit penurunan daya ingat seseorang. Yoga adalah solusi yang tepat untuk Anda dengan masalah sulit berkonsentrasi, sulit fokus, dan rendahnya daya ingat.

Mengurangi perasaan negatif dalam diri kita

Perasaan negatif dapat menimpa siapa saja. Entah itu anak-anak, orang dewasa, atau lansia sekalipun. Perasaan negatif yang sering menimpa kita adalah rasa cemas dan stress. Yoga merupakan latihan yang tepat untuk mengurangi kadar berbagai perasaan negatif di dalam diri Anda tersebut.

Ketika melakukan yoga, seluruh pikiran kita (terutama yang negatif) akan dibawa ke alam relaksasi. Proses ini dibantu dengan berbagai gerakan yoga yang dapat membuat tubuh kita menjadi lebih rileks dan lebih santai. Apalagi jika Anda melakukan yoga sambil ditemani suara-suara alam yang menenangkan.

Jika Anda mencari alternatif kegiatan yang bisa menjadi waktu yang tepat untuk Anda beristirahat sejenak dari rutinitas Anda yang melelahkan, maka yoga adalah solusi yang tepat. Yoga banyak mengajarkan kita cara-cara untuk “mengosongkan” pikiran kita. Ini akan sangat terasa bermanfaat ketika kita sudah merasa berbagai pikiran tersebut cukup membebani mental kita. Dengan demikian, kesehatan mental Anda akan terjaga lebih baik.

Membantu mengatasi permasalahan tidur

Berbagai permasalahan tidur seperti sulit tidur, kurang tidur, maupun buruknya kualitas tidur Anda dapat diatasi dengan latihan yoga. Latihan yoga akan merangsang pelepasan hormon melatonin di dalam tubuh kita. Hormon melatonin sendiri berfungsi untuk mengontrol siklus tidur kita. Selain itu, yoga juga akan menstabilkan suhu tubuh Anda sehingga kualitas tidur Anda akan meningkat.

Pasca latihan yoga, semua otot di tubuh Anda akan meregang perlahan-lahan. Peregangan inilah yang membuat tubuh Anda lebih rileks dan merasa lebih nyaman untuk beristirahat. Yoga juga dapat membuat pikiran kita menjadi lebih tenang. Dengan pikiran yang lebih tenang, maka kualitas tidur pun akan meningkat. Hal ini tentu lebih baik daripada mengatasi permasalahan tidur menggunakan obat tidur ataupun zat-zat adiktif lainnya yang sifatnya hanya sementara.

Menambah stamina dan menjaga kebugaran tubuh

Tidak hanya manfaat secara mental atau batin, yoga juga memberikan manfaat bagi kondisi fisik kita. Ada beberapa gerakan yoga yang berfungsi menstimulus bagian tubuh tertentu agar bergerak dengan lebih aktif. Inilah yang membuat kita merasa lebih segar dan bugar setelah menyelesaikan satu sesi latihan yoga.

Menurut seorang Master Yoga bernama Saumik, yoga dapat membantu memperbaiki fungsi organ tubuh yang sudah mengalami penurunan. Biasanya karena bertambahnya usia, sehingga kita menjadi lebih rentan terhadap beberapa jenis penyakit tertentu. Dengan yoga, sirkulasi cairan di dalam tubuh kita akan menjadi lebih lancar dan tanda-tanda penuaan pun dapat dikurangi.

Menjaga keseimbangan tubuh dan meningkatkan fleksibilitas

Masih dengan kondisi pertambahan usia, biasanya kita akan kehilangan kelenturan dan fleksibilitas tubuh kita. Latihan yoga dapat membantu kita mengatasi permasalahan tersebut dan mendapatkan fleksibilitas tubuh kita kembali. Melakukan yoga degan rutin dapat menjaga keluwesan tubuh. Bahkan, yoga sudah terbukti mampu mencegah dan mengatasi masalah yang dihadapi sebagian besar orang akibat penuaan, yaitu linu di bagian panggul. Latihan yoga akan melenturkan otot-otot kita yang sudah kaku sehingga dapat berfungsi dengan optimal kembali seperti sedia kala.

Selain manfaat dari olahraga seperti yoga, tubuh kita juga memerlukan nutrisi yang cukup untuk menjaga fungsi-fungsi organ di dalamnya. Nutrisi tersebut bisa kita dapatkan dari asupan makanan bernutrisi sehari-hari ataupun konsumsi zat-zat tambahan, misalnya vitamin untuk tubuh. Vitamin memiliki banyak jenis dan sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan tubuh Anda. Untuk melihat promo-promo suplemen hingga vitamin yang ada di Supermarket, Anda bisa cek di hemat.id atau aplikasi Kliptalog.

Selamat berolahraga dan selamat hidup sehat!

Referensi:

Dapatkan Panduan Belanja Hemat dalam Newsletter Hemat.id!