Jangan Lupakan Hal Ini Sebelum Berangkat Mudik!

Ada sebuah tradisi unik dalam memperingati Hari Raya Idul Fitri di Indonesia. Tradisi ini melengkapi momen berkumpul bersama keluarga yang memang selalu dilakukan setiap kali Idul Fitri tiba. Ya, mudik adalah tradisi yang sedang kita bicarakan Mudik merupakan kegiatan menyambangi kediaman keluarga besar–biasanya dilakukan oleh para perantau–demi bisa berkumpul bersama keluarga. Mengingat momen kumpul keluarga ini hanya terjadi sekali dalam setahun, banyak orang tidak rela melewatkan momen yang satu ini. Itulah kenapa ada tradisi mudik, yaitu ketika orang-orang berbondong-bondong kembali ke tempat asalnya.

Nah, jika kamu adalah salah satu yang akan mengikuti tradisi ini di hari raya nanti, berikut ada tips untuk kamu. Empat hal ini penting untuk kamu siapkan sebelum perjalanan mudik, yaitu:

1. Moda transportasi yang digunakan

Sumber: google

Sebaiknya, kamu merencanakan dan menyiapkan pilihan transportasi ini sejak jauh hari, baik itu transportasi umum maupun kendaraan pribadi. Untuk kamu yang menggunakan alat transportasi umum, seperti bus, kapal, maupun pesawat, kamu harus menyiapkan tiket mu sejak jauh-jauh hari. Jangan sampai kehabisan tiket duluan dan malah gagal pulang kampung untuk bertemu dengan sanak saudara. Apalagi sekarang sudah ada aplikasi yang memudahkan kamu dalam memantau dan membeli tiket alat transportasi ini. Kalau tidak cepat (dan cermat), kamu akan kesulitan mendapatkan kursi dengan harga terjangkau.

Bijak Atur Keuangan Saat Mudik

2. Kesehatan badan

Tidak sekedar waktu, perjalanan panjang juga membutuhkan energi yang cukup. Belum lagi, perjalanan mudik tidak mungkin tanpa rintangan. Jika kondisi badan kamu tidak prima – ditambah kamu sedang berpuasa, bisa-bisa setibanya di kampung halaman, kamu malah jatuh sakit.

Maka, sebelum berangkat mudik, pastikan bahwa badan kamu berada di kondisi terbaiknya. Jaga pola tidur dan pola makan, konsumsi makanan bergizi, olahraga, kalau perlu tambahkan suplemen makanan atau vitamin yang bisa menunjang kondisi badan kamu. Kalaupun kondisi kamu memang sedang tidak fit, kamu sudah siap dengan solusi seperti membawa obat-obatan atau peralatan khusus untuk perawatanmu. Jangan lupa, gunakan baju yang nyaman dan hangat!

3.Pengisi waktu selama di perjalanan

Sumber: google

Kamu, pastinya, sudah bisa memperkirakan berapa lama perjalanan yang akan kamu tempuh. Nah, hal yang satu ini, menjadi sangat penting untuk mereka yang akan menempuh perjalanan lebih dari tiga jam lamanya.. Sebelum berangkat, kamu bisa merencanakan dulu apa saja yang akan kamu lakukan sejak awal. Kamu juga boleh menyiapkan tempat-tempat mana saja yang akan kamu singgahi.

Sumber: google

Kegiatan ini tergantung dengan apa yang kamu sukai. Jika kamu suka mendengarkan musik di perjalanan, kamu bisa membuat playlist untuk mengisi waktu luang mu. Atau jika kamu suka mengisi waktu dengan membaca, kamu bisa menyiapkan bahan bacaan. Lakukan apapun yang membuat mu nyaman di perjalanan dan menghindarkan mu dari rasa bosan.

4. Camilan!

Tentunya kamu tidak ingin kelaparan selama perjalanan, bukan? Jadi, sudah merupakan kewajiban untuk menyiapkan snack yang bisa menemani perjalanan mu. Jangan lupa, siapkan juga minumannya untuk melengkapi amunisi perut selama perjalanan. Selain mengenyangkan, snack juga bisa menghindarkan mu dari rasa bosan selama di perjalanan, lho!

Sumber: google

Untuk menyiapkan snack selama perjalanan, kamu boleh banget memanfaatkan promo-promo selama Ramadhan atau lebaran yang biasanya diberikan oleh supermarket. Dengan promo tersebut, kamu bisa lebih hemat beberapa rupiah. Menguntungkan, bukan?

Camilan Sehat Saat Mudik

Nah, untuk mengetahui snack apa saja yang sedang promo dan di supermarket mana saja, kamu bisa kunjungi hemat.id. Di sana akan lengkap tersedia informasi tentang promo-promo yang diberikan oleh beberapa supermarket ternama. Jadi, kamu bisa memilih dulu apa yang akan kamu beli dan sesuaikan dengan promonya.

Demikian empat hal yang harus kamu siapkan sebelum berangkat mudik. Semoga empat poin tersebut bisa membantu agar perjalanan mu menjadi lebih aman, nyaman, dan menyenangkan. Sehingga, ketika sampai di tujuan, mood mu akan bagus dan tidak terasa lelah. Selamat berkumpul bersama keluarga.