Suka Petai? Coba Resep Lezat dan Simpel Ini

Suka dengan olahan tumis petai? Jika iya maka resep kali ini cocok sekali dimasukkan dalam daftar menu masakan keluarga Bunda. Tapi jika keluarga atau Bunda sendiri tidak suka dengan petai, petainya bisa diganti dengan daging ayam atau udang. Tapi tahukah Bunda, bahwa parkia speciosa atau yang lebih terkenal dengan nama petai ini, walau memiliki bau yang khas namun juga memiliki manfaat kesehatan diantaranya mengandung antioksidan, melawan bakteri hingga menurunkan kadar gula.

Selain bisa dikonsumsi mentah, petai juga bisa ditambahkan di bermacam-macam masakan mulai dari masakan pedas, bersantan, maupun tumisan seperti resep yang akan saya bagikan, yaitu tumis petai dengan olahan tempe dan kacang panjang ini.

Sumber : Shutterstock

Selain banyak mengandung nutrisi yang dapat memberikan banyak manfaat untuk tubuh, petai juga sedang musim saat ini lho. Sehingga petai mudah sekali Bunda temukan di pasaran dengan harga yang murah. Karena mudah diolah ini dan bisa menjadi lalapan yang lezat sehingga saya dan keluarga sangat menyukai petai?. Namun perlu diingat yang Bunda, bahwa dalam mengonsumsi petai juga tidak boleh terlalu berlebihan agar tidak menyebabkan efek samping pada tubuh.

Jika Bunda suka dengan lalapan petai seperti saya, ada beberapa tips yang bisa Bunda ikuti untuk mengurangi aroma di mulut setelah mengonsumsinya, diantaranya :

  1. Mengunyah beras
  2. Mengunyah bubuk kopi, dan
  3. Mengonsumsi mentimun

Baca Juga : Resep Gulai Jantung Pisang

Setelah mengetahui manfaat dan tips setelah makan petai, yuk kita langsung ke resep tumis petai dengan olahan tempe dan kacang panjangnya.

Bahan :

2 papan petai, kupas dan potong-potong atau biarkan utuh

1 ikat kacang panjang 

1 papan tempe

5 buah bawang putih, iris 

4 buah bawang merah, iris 

5 buah cabe merah, iris menyerong

1 ruas lengkuas, geprek

1 ruas jahe, geprek

1 batang serai, geprek

2 lembar daun salam

2 lembar daun jeruk

2 sendok makan kecap manis

1 sendok makan saus tiram

1/2 sendok teh garam

1 sendok teh gula

secukupnya air

secukupnya minyak

Cara Buat :

  1. Cuci bersih petai kacang panjang dan potong-potong, tiriskan.
  2. Potong-potong tempe dengan ukuran sedang, lalu goreng sampai berwarna coklat.
  3. Tumis bawang merah, bawang putih sampai beraroma harum, kemudian  masukkan lengkuas, jahe, serai, daun salam, daun jeruk, dan cabe merah.
  4. Tumis kembali sampai layu, setelah layu masukkan kacang panjang serta petai.
  5. Tuang saus tiram, kecap manis, gula, garam, dan air masak secukupnya sampai kacang panjang melunak.
  6. Terakhir masukkan tempe, aduk sampai bumbu rata dan meresap air.
  7. Sajikan selagi hangat.
Sumber : karagamma.com

Resep ini sangat cocok jika disajikan bersama ikan yang digoreng garing, sambal terasi dan juga kerupuk. Wah bisa jadi ide makan siang hari ini ya Bunda.

Olahan Jamur Renyah Asam Manis, Dijamin Anak-Anak Pasti Suka

Untuk mendapatkan semua bahan-bahan resep tumis petai dengan olahan tempe dan kacang panjang di atas, Bunda bisa membuka website hemat.id dan mendapatkan info promo menarik yang sedang berlangsung di Supermarket hingga Hypermarket yang berada di daerah sekitar Bunda.  

Mau coba resep ini? Ceritakan yuk bagaimana pendapat keluarga Bunda tentang olahan lezat dari petai ini. Kira-kira ada yang ingin Bunda tambahkan dari bahan atau cara membuatnya? Bagikan cerita dan pendapat Bunda dibawah ini ya. Share juga foto hasil recook masakan Bunda dan tuliskan komentar bunda di kolom komentar di bawah ini.

Sumber :

//alodokter.com/ini-manfaat-petai-bagi-kesehatan-tubuh-anda

Dapatkan Panduan Belanja Hemat dalam Newsletter Hemat.id!