Tips dan Resep Memasak Menggunakan Coklat sebagai Bahan Utama

Bagaimana hari valentine kemarin? Apakah berlangsung dengan spesial? Jika Anda belum membuat sesuatu yang istimewa, bagaimana jika hari ini Anda merayakan Valentine dengan menyajikan coklat sebagai bahan utama? Kali ini Anda tidak hanya membeli coklat di toko lalu memberikan ke orang terkasih, tapi Anda bisa memasak makan malam spesial dengan menu utamanya berbahan dasar dari coklat.

Tips memasak menggunakan coklat sebagai bahan utama

Coklat dikenal sebagai simbol kasih sayang dan memiliki kemampuan untuk membuat suasana menjadi lebih romantis. Dalam hal ini, coklat dapat menjadi bahan utama dalam membuat makan malam spesial yang indah dan lezat. Tapi jangan asal coklat ya, coklat yang sehat adalah coklat jenis dark chocolate bukan coklat yang mengandung susu tinggi dan gula. Dark chocolate kaya akan antioksidan, serat, potassium, kalsium, tembaga dan magnesium. Berikut adalah beberapa tips dan trik memasak dengan coklat sebagai bahan utama untuk makan malam spesial:

Pilih coklat yang berkualitas

Untuk mendapatkan hasil masakan yang sempurna Anda harus menggunakan coklat dengan kualitas yang terbaik, karena akan memberikan rasa dan aroma yang kuat dan lezat. Untuk mendapatkan coklat yang berkualitas selain memilih coklat dari merek yang sudah terkenal luas, pastikan untuk membaca bahan tambahan dalam coklat Anda dan pastikan mereka organik.

Coklat dengan kandungan 70% kakao adalah pilihan terbaik untuk Anda bisa mendapatkan pengalaman menikmati coklat berkualitas. Pilihlah coklat yang permukaan atasnya mengkilap dan bebas noda, jika permukaannya bergores, terlihat keruh atau abu-abu, kemungkinan coklat sudah tua atau sudah terkontaminasi. Kemudian jika saat Anda mematahkan coklat batangan, potongan yang Anda harapkan adalah potongan yang bersih dan keras tapi jika bengkok atau hancur berarti kualitasnya tidak terlalu bagus atau coklat sudah tua.

Baca juga Panduan Memilih Cokelat yang Cocok untuk Hadiah

Sesuaikan jenis coklat dengan selera

Gunakan jenis coklat yang disukai pasangan Anda, agar sama-sama menikmati makan malam. Jenis coklat ada banyak macamnya seperti coklat hitam, coklat putih, dan coklat susu. Dari namanya sudah tahu bisa ditebak rasanya seperti apa ya, seperti coklat hitam tidak mengandung padatan susu tapi hanya mengandung padatan kakao, mentega kakao dan gula, jadi rasanya ada sedikit pahit dan warnanya yang gelap. Lalu coklat susu merupakan coklat yang paling banyak diminati karena rasanya yang manis dan lembut, tidak hanya anak-anak tapi orang dewasa pun suka dengan citarasa dari coklat jenis ini. Coklat susu mengandung padatan kakao, susu bubuk, dan gula.

Sedangkan coklat putih mengandung mentega kakao (komponen lemak), gula dan padatan susu, dan tidak ada campuran coklat atau bubuk kakao. Jadi secara teknis, coklat putih bukanlah coklat sama sekali.

Jangan terlalu panas

Saat memasak coklat, jangan biarkan coklat terlalu panas, karena bisa mengakibatkan coklat menjadi kering dan kusam. Sebaiknya coklat dipanaskan secara perlahan dan diaduk secara terus-menerus hingga coklat meleleh dengan sempurna. Selain itu, memanaskan coklat pada suhu yang terlalu panas juga dapat menghilangkan aroma coklat yang khas, dan mengubah rasa dan kualitas coklat secara keseluruhan. Oleh karena itu, sangat penting untuk memasak coklat pada suhu yang tepat, yaitu di bawah 46 derajat Celsius.

Baca juga Rekomendasi Wajan dan Panci untuk Kompor Listrik

Eksperimen & campurkan dengan bahan lain

Anda bisa memasak makanan pembuka, utama sampai makanan penutupnya yang semuanya menggunakan coklat sebagai bahan utamanya, saran saya sebelum menyajikannya di makan malam romantis pastikan Anda sudah membuatnya terlebih dahulu dan mencobanya. Karena bahan utama coklat yang digunakan dalam makanan utama mungkin akan terasa aneh di sebagian orang, jadi Anda punya banyak waktu untuk mengotak-atik bahan yang bisa dipakai atau ditiadakan.

Mintalah bantuan ibu atau mencari referensi di internet, sampai Anda mendapatkan rasa yang bisa diterima oleh lidah Anda dan pasangan. Jika sudah menemukan rasa yang pas, Anda pun bisa mulai mencoba hal-hal baru lainnya seperti menggunakan macam-macam jenis coklat ke dalam masakan Anda atau menambahkan potongan biskuit atau buah di puding yang Anda buat. Anda akan terkejut dengan kenyataan bahwa coklat pun enak jika dicampurkan dengan daging atau sayur seperti salad.

Bermain dengan tekstur & tata dengan cantik

Anda bisa memberikan berbagai sentuhan akhir pada hidangan, contohnya menggunakan parutan coklat di atas puding sebagai topping, atau menambahkan coklat ke dalam saus celup untuk keripik, atau menambahkan coklat cair untuk memberikan variasi rasa. Lalu sebelum disajikan pastikan untuk menata makanan dengan spesial,  karena kita makan dengan mata terlebih dahulu. Jika makanan yang terhidang dihias dengan cantik dan menarik membuat apapun yang kita makan akan jauh lebih nikmat dari sebelumnya. Dan hias meja makan yang sudah di dekorasi dengan barang-barang sentimentil untuk Anda dan pasangan untuk menambah kesan romantis.

Simpan dengan baik

Setelah selesai memasak dengan coklat, pastikan untuk menyimpan sisa coklat dengan baik di tempat yang kering dan terhindar dari sinar matahari langsung, agar coklat tetap segar dan enak untuk digunakan pada kesempatan berikutnya. Segera letakkan sisa coklat dalam wadah kedap udara atau dalam plastik wrap yang rapat, agar coklat tidak terkena udara dan kelembaban. Sisa coklat sebaiknya disimpan di tempat yang sejuk dan kering, seperti dalam kulkas dengan suhu antara 15-18 derajat Celsius. Hindari menyimpan coklat di tempat yang terlalu dingin atau terlalu panas, karena ini dapat merusak rasa dan tekstur coklat. 

Baca juga Pilihan Kulkas Anti Bakteri, Virus dan Jamur

Resep makanan menggunakan coklat sebagai bahan utamanya

Sebagai referensi untuk Anda yang akan merayakan berikut beberapa contoh menu masakan berbahan dasar coklat yang bisa menjadi referensi untuk makan malam yang romantis bersama pasangan :

Sumber : https://pixabay.com/


1. Chocolate-Chipotle Sirloin Steak

Steak ini biasanya menggunakan potongan daging sirloin, yang kemudian dibumbui dengan campuran bahan-bahan seperti garam, paprika, dan bubuk coklat. Penambahan coklat pada bumbu daging memberikan rasa yang unik dan tidak biasa pada steak ini, dengan sentuhan rasa manis yang halus dan sedikit pahit dari coklat.

Bahan:

  • 3 sdm baking kokoa
  • 2 sendok makan paprika dan cabai rawit cincang dalam saus adobo (bubuk cabai, cuka, gula bawang putih, dan rempah-rempah)
  • 4 sendok teh kecap inggris
  • 2 sendok teh gula coklat
  • ½ sendok teh garam
  • 1-1/2 kg daging top sirloin steak

Cara buat :

  1. Campur semua bahan saus kemudian lumuri secara merata ke seluruh daging steak, bungkus dengan alumunium dan masukkan ke dalam kulkas di bagian tengah selama kurang lebih dua jam.
  2. Panaskan pan di atas kompor dengan api sedang, kemudian panggang daging steak dengan 8-10 menit di setiap sisi atau sampai mencapai kematangan daging yang diinginkan.
  3. Sajikan dengan kentang goreng dan salad sayur
Sumber : https://img.freepik.com/

2. Salad renyah dengan cocoa vinaigrette

Salad renyah dengan cocoa vinaigrette adalah jenis salad yang menggunakan bahan-bahan segar, seperti sayuran hijau, buah-buahan, dan kacang-kacangan, yang kemudian dicampur dengan cocoa vinaigrette, yaitu saus salad yang terbuat dari campuran minyak zaitun, cuka balsamico, bubuk kakao. Cocoa vinaigrette, yang terbuat dari bubuk kakao, memberikan rasa yang unik dan berbeda pada salad, dengan sentuhan manis dan pahit yang halus.

Bahan :

  • Secukupnya selada air
  • Secukupnya almond panggang, cincang
  • 2 batang seledri, iris tipis
  • 1 mentium, cincang
  • 1 sendok teh mayones
  • 1 sendok teh bubuk kakao tanpa pemanis
  • Secukupnya cuka balsamic
  • Secukupnya minyak zaitun extra virgin
  • Secukupnya keju parmesan, serut

Cara buat :

  1. Campurkan mayonese, bubuk kakao, balsamic dan minyak zaitun dan sisihkan.
  2. Campur selada air, almond, seledri, dan mentinum dalam mangkuk, lalu tuang dengan saus yang cukup untuk melapisi.
  3. Aduk rata, dan hias dengan parmesan serut.

 

Sumber : https://food52.com/

3. Ayam rebus susu coklat pedas

Ayam yang dimasak dengan cara direbus dalam campuran rempah dan bumbu, membuat daging ayam menjadi empuk dan gurih. Sedangkan saus susu coklat pedas memberikan sentuhan lembut yang sangat cocok untuk dinikmati bersama nasi hangat.

Bahan :

  • 4 pcs paha bawah
  • 240 ml susu UHT full cream
  • Coklat
  • 2 sendok makan bubuk cabai
  • 2 buah cabai jalapenos, direbus dan di belah memanjang
  • 2 1/2 sendok teh garam
  • 2 sendok teh extra virgin olive oil
  • 2 buah zucchini, iris
  • 2 siung bawang putih, cincang
#BandingkanHematnya

Sekarang kita bisa memperoleh informasi harga Coklat terlengkap. Hemat.id menyediakan informasi perbandingan harga di Alfamart, Indomaret, hingga harga Coklat di toko online seperti Shopee dan Tokopedia. Anda juga bisa langsung klik beli sekarang supaya tidak kehabisan promo.

Cek sekarang juga harga Coklat terhemat

Cara Buat :

  1. Siapkan panci, lalu campurkan coklat, susu, bubuk cabai, jalapenos, dua sendok teh garam dan paha ayam. Didihkan dengan api besar, setelah mendidih kecilkan api dan didihkan selama 34-40 menit atau sampai ayam empuk.
  2. Tambahkan extra virgin olive oil saat ayam sedang dimasak dengan api besar, saat mulai berasap tambahkan zucchini dan 1/2 sendok teh garam. Tumis selama lima sampai dengan tujuh menit, aduk sesekali sampai zucchini menjadi karamel dan lunak.
  3. Tambahkan bawang putih, lalu masak sampai bawang harum dan ayam siap untuk dihidangkan.
Sumber : https://img.freepik.com/

4. Brownies Kukus Coklat

Brownies kukus coklat adalah kue coklat yang lembut dan lezat, dengan rasa coklat yang kaya dan kuat yang dimasak dengan cara dikukus, bukan dipanggang seperti brownies pada umumnya. Karena dimasak dengan cara dikukus, brownies ini juga lebih lembut dan lebih mudah dicerna dibandingkan dengan brownies panggang pada umumnya.

Bahan :

  • 200 gram tepung terigu
  • 200 ml susu segar
  • 250 gram gula pasir
  • 300 gram coklat batang
  • 300 gram mentega
  • 6 butir telur ayam
  • 75 gram coklat bubuk
  • 1 sendok teh baking powder
  • garam secukupnya
#BandingkanHematnya

Sekarang kita bisa memperoleh informasi harga Tepung Terigu terlengkap. Hemat.id menyediakan informasi perbandingan harga di Alfamart, Indomaret, hingga harga Tepung Terigu di toko online seperti Shopee dan Tokopedia. Anda juga bisa langsung klik beli sekarang supaya tidak kehabisan promo.

Cek sekarang juga harga Tepung Terigu terhemat

Cara buat :

  1. Tim coklat batang dan mentega di atas kompor dengan api kecil, setelah meleleh dengan sempurna tambahkan garam.
  2. Siapkan wadah untuk mengocok telur.
  3. Kocok telur dan gula pasir dengan mixer hingga berbusa.
  4. Masukkan coklat dan mentega yang telah di lelehkan secara perlahan bersamaan dengan susu, aduk sampai rata.
  5. Tambahkan tepung terigu sedikit demi sedikit.
  6. Siapkan dua loyang lalu olesi dengan mentega.
  7. Kukus adonan selama kurang lebih 20 menit atau sampai matang.
  8. Olesi kue dengan coklat batang dan mentega yang telah di elehkan lalu tumpuk.
  9. Brownies siap untuk di santap.

5. Oreo Dessert

Oreo dessert adalah hidangan penutup atau makanan manis yang terbuat dari biskuit Oreo yang dihancurkan, dicampur dengan krim keju, whipped cream, atau bahan lainnya, dan kemudian disajikan dalam berbagai bentuk, seperti dalam gelas atau sebagai kue yang dipotong.

Bahan :

  • 10 keping oreo, haluskan dengan chopper
  • Secukupnya oreo utuh (untuk topping)
  • 200 ml whipping cream
  • 40 gram coklat batangan (lelehkan)
  • 1 sendok makan gula halus, atau sesuai keinginan
#BandingkanHematnya

Sekarang kita bisa memperoleh informasi harga Oreo terlengkap. Hemat.id menyediakan informasi perbandingan harga di Alfamart, Indomaret, hingga harga Oreo di toko online seperti Shopee dan Tokopedia. Anda juga bisa langsung klik beli sekarang supaya tidak kehabisan promo.

Cek sekarang juga harga Oreo terhemat

Cara buat :

  1. Kocok whipping cream dengan gula halus, setelah mengental bagi dua. Satu bagian masukkan ke piping bag dan satu bagian lainnya dicampurkan ke coklat yang sudah di lelehkan.
  2. Siapkan tempat, bisa mug, cangkir cantik, atau mangkuk plastik yang dilengkapi dengan tutup.
  3. Masukkan satu sampai dua sendok makan oreo halus, agak tekan-tekan pelan lalu tuang adonan whippng cream, beri oreo halus kembali. Lakukan sampai lapisan yang dikehendaki.
  4. Setelah selesai tambahkan oreo utuh sebagai hiasan
  5. Dinginkan selama kurang lebih dua sampai dengan tiga jam
  6. Sajikan saat oreo dessert dalam kondisi dingin

Itulah menu lengkap dari makanan utama sampai yang manis untuk makan malam romantis dan akan dikenang oleh pasangan. Selamat Hari Valentine untuk yang merayakan, semoga kebahagiaan akan selalu mengiringi setiap langkah Anda dan keluarga dan jangan lupa untuk selalu bersyukur menjadi diri sendiri dan mencintai diri sendiri seutuhnya. Happy Valentine Day!

Untuk referensi peralatan masak dan peralatan dapur elektronik lainnya Anda bisa membuka hemat.id dan dapatkan informasi harga promo terbaik yang bisa Anda dapatkan di semua supermaket, hypermart, dan minimarket yang ada di sekitar Anda. 

Sumber :
https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6950163/
https://www.everydayhealth.com/diet-and-nutrition-pictures/delicious-reasons-to-eat-dark-chocolate.aspx
https://www.diffen.com/difference/Dark_Chocolate_vs_White_Chocolate
https://www.seriouseats.com/the-food-lab-best-way-to-temper-chocolate