10 Tips Mencari Hotel Yang Tepat dan Hemat Untuk Liburan

Berlibur adalah cara terbaik untuk menyegarkan pikiran anda. Tapi, berlibur juga bisa menjadi perjalanan yang membutuhkan biaya banyak terutama di pos tiket dan hotel. Saat traveling ke tempat yang belum pernah anda kunjungi, tentulah anda perlu merencanakannya dengan matang, dari kota apa yang akan dikunjungi, lokasi-lokasi wisata yang akan dikunjungi, budget, dan tempat penginapan atau hotel.

Pilih juga transportasi apa yang ingin anda gunakan untuk membawa anda dan keluarga anda sampai ke tujuan, jika anda mempunyai waktu libur yang tidak banyak. Mungkin anda bisa menggunakan pesawat tapi jika anda mempunyai waktu berlibur yang cukup panjang, cobalah berpetualang dengan menggunakan kapal atau bus. Perjalanannya memang lebih lama tapi anda dan keluarga bisa menikmati banyak pemandangan yang indah bahkan bisa mengambil gambar atau mencoba makanan yang belum pernah anda coba selama di perjalanan anda. Diskusikan dengan keluarga anda dan dengarkan pendapat mereka mengenai transportasi apa yang mereka ingin gunakan, agar semua anggota merasa senang karena semua orang menyetujui keputusan yang diambil karena memang berdasarkan kesepakatan bersama dan bukan karena hanya memikirkan budget. Ingatlah bahwa berlibur hemat bukan berarti mengorbankan kesenangan dan kegembiraan yang akan di dapat pada saat anda berlibur bersama anggota keluarga.

Setiap orang pasti menginginkan tempat beristirahat yang nyaman dan tentu sesuai dengan budget yang diinginkan. Jadi setelah anda menentukan tempat tujuan anda, pastikan anda juga sudah merencakanan tempat anda akan menginap. Biaya hotel adalah pengeluaran yang lumayan besar setelah biaya tiket, apalagi jika anda berlibur dengan mengajak keluarga yang beranggotakan lebih dari 4 orang, tapi saya akan mencoba memberikan beberapa tips agar menghemat biaya hotel :

1. Mencari hotel di website yang khusus menjual tiket pesawat dan booking Hotel

10 Tips Mencari Hotel Yang Nyaman Dan Hemat
Sumber : Dailysocial

Tentu saja yang pasti langsung anda pikirkan adalah membuka website seperti Traveloka, airyroom dan lain-lain. Selain mempermudah, website-website tersebut mempunyai banyak variasi kamar hotel yang biasa anda sesuaikan dengan budget, jumlah orang dan lokasi yang anda inginkan. Jadi jangan sampai anda baru mencari hotel setelah anda berada di kota tujuan anda, selain anda akan kerepotan dalam mencari hotelnya resiko hotel full book juga akan anda hadapi.

2. Manfaatkan diskon kartu kredit atau diskon yang di tawarkan agen travel tertentu di hari besar atau masa promo

10 Tips Mencari Hotel Yang Nyaman Dan Hemat
Sumber : Excite Shop

Traveloka adalah salah satu agen travel yang rajin memberikan diskon dan harga promo murah, jadi jangan ragu untuk memanfaatkan kesempatan tersebut. Tapi tidak menutup kemungkinan ada banyak agen travel lainnya yang menawarkan diskon atau harga promo, jadi sering-seringlah membuka dan mengintip di website agen travel lainnya.

3. Gunakan voucher diskon dari hemat.id

10 Tips Mencari Hotel Yang Nyaman Dan Hemat
Sumber : http://ww0.hemat.id/voucher-diskon/

Hemat.id menawarkan banyak sekali voucher diskon dari situs-situs online yang bisa anda gunakan untuk mendapatkan harga hemat untuk membooking hotel seperti traveloka, hotels.com, zenrooms, dll. Jadi sering-seringlah mengunjungi hemat.id agar anda tidak ketinggalan untuk mendapatkan voucher diskonnya agar perjalanan liburan anda lebih berkesan dan tentu saja hemat.

4. Mintalah rekomendasi teman yang pernah menginap di suatu hotel yang anda tujuan

10 Tips Mencari Hotel Yang Nyaman Dan Hemat
Sumber : Hotcourses Indonesia

Manfaatkan jaringan pertemanan anda baik di media sosial maupun teman dekat rumah, teman kampus, atau teman kantor untuk mencari info sebanyak-banyaknya mengenai kondisi dan rekomendasi hotel termurah di sana yang tentunya juga nyaman. Hemat bukan berarti anda mengabaikan kenyamanan karena bisa mengurangi kesan menyenangkan untuk liburan anda dan badan anda juga bisa jadi kurang fit mungkin karena kurang tidur karena kamar tempat anda menginap tidak nyaman. Kalau sudah begini anda juga yang rugi.

5. Cari teman baik yang tinggal di suatu daerah atau suatu kota yang ingin anda kunjungi

10 Tips Mencari Hotel Yang Nyaman Dan Hemat
Sumber : Mastel

Anda juga bisa manfaatkan teman facebook anda yang tinggal di kota yang akan anda kunjungi untuk memberikan informasi mengenai hotel rekomendasi disana, mintalah rekomendasi mereka Hotel Apa yang sebaiknya Anda pilih baik dari segi harga dan tentu saja kenyamanan hotel tersebut. Jangan sungkan untuk banyak bertanya, cari tahu secara detail lokasi dan suasana sekitar hotel. Karena pengalaman pribadi saya pernah mengingap di salah satu hotel di Jogja yang ternyata saat malam menjadi tempat anak muda berkumpul dan mabuk-mabukan, saya langsung pindah keesokan harinya. Karena jendela kamar saya pas sekali menghadap kesana dan buat saya pengalaman itu kurang menyenangkan, apalagi lagi pada saat itu saya membawa anak-anak saya.

6. Hindarilah waktu traveling anda di musim liburan atau di hari-hari besar lainnya

10 Tips Mencari Hotel Yang Nyaman Dan Hemat
Sumber : Loop.co.id

Sepertinya untuk yang satu ini semua orang juga sudah mengetahui, karena pada hari besar dan musim libur tarif hotel akan naik dan selalu full book, tersebut terlebih lagi hotel yang mempunyai lokasi yang cukup dekat dengan tempat-tempat wisata atau di kota di tengah kota

7. Selalu update dengan informasi promo tarif hotel murah dan nyaman

10 Tips Mencari Hotel Yang Nyaman Dan Hemat
Sumber : Google Image

Sering-sering lah membuka dan mencari informasi seputar promo atau diskon yang di berikan suatu website agen travel, yang biasanya mereka berikan di hari anniversery website mereka atau hari besar.

8. Cari referensi di website yang khusus mereview hotel, misalnya di reviewhotelmurahcom

10 Tips Mencari Hotel Yang Nyaman Dan Hemat
Sumber : reviewhotelmurah.com

Jika info yang anda dapatkan dari teman atau saudara kurang memberikan informasi yang anda butuhkan anda bisa membuka website yang khusus mereview hotel-hotel dan juga anda bisa membuka beberapa traveler blogger, agar anda mendapatkan hotel yang benar-benar sesuai dengan keinginan anda. Dan jika ternyata hotel pilihan anda mendapatkan banyak review negatif ada baiknya anda memikirkan ulang untuk memilih hotel tersebut.

9. Bukalah forum di website seperti kaskus yang khusus membahas hotel bagian travel disana anda bisa bertanya bahkan bisa memberikan info atau review anda sendiri.

10 Tips Mencari Hotel Yang Nyaman Dan Hemat
Sumber : Kompas Tekno

Dengan membuka forum website Kaskus anda bebas bertanya dan bahkan memberikan review anda sendiri jika anda pernah menginap di suatu hotel, karena anggotanya berasal dari seluruh indonesia jadi anda pasti akan mendapatkan jawaban dan informasi yang banyak di sana.

10. Berlangganan

10 Tips Mencari Hotel Yang Nyaman Dan Hemat
Sumber : PARIWISATA BALI dan IT – WordPress.com

Mungkin ada saatnya anda sedang sibuk atau tidak sempat mencari diskon atau promo tarif hotel yang murah. Nah, dengan anda berlangganan di website agen travel anda akan menerima email dari mereka yang menginformasikan mengenai promo atau diskon yang akan mereka berikan. Jadi daftarkan diri anda menjadi member agar anda mendapatkan banyak keuntungan lainnya.

Itulah beberapa tips yang bisa saya bagikan kepada anda, semoga saja membantu anda dalam mendapatkan hotel yang sesuai dengan keingingn anda. Baik dari segi kenyamanan, segi harga dan segi fasilitas. Berikan juga komentar anda di kolom komentar mengenai pengalaman anda menginap di suatu hotel, atau bagikan tips bagaimana anda mencari hotel yang sesuai dengan keinginan anda dan keluarga. Terima kasih.