Agar Cucian Tidak Berbau Apek Saat Musim Hujan

Walaupun musim hujan, mencuci pakaian adalah kegiatan rutin para moms yang pastinya tidak bisa dihindari. Apalagi jika di dalam keluarga masih ada balita. Pastinya pakaian kotor akan makin menggunung dan jika moms terus menunda untuk mencuci pakaian karena sering hujan maka akan terjadi bencana “krisis pakaian bersih”.

Jika moms memiliki mesin cuci yang sudah memiliki pengering pun terkadang bau apek pada baju tetap moms alami, ini dikarenakan jamur dan kelembaban yang tinggi. Apalagi jika moms menjemur pakaian di ruangan yang lembab.

Mungkin solusi tergampang adalah dengan melakukan laundry tapi biayalah yang sekarang menjadi masalah, tapi semoga dengan beberapa tips ini kekawatiran para moms akan sedikit terobati.

1. Bilas pakaian

Agar Cucian Tidak Berbau Apek Saat Musim Hujan
Sumber : Tribun Solo – Tribunnews.com

Bilas pakaian anda yang sudah dicuci dengan detergen dengan air bersih sampai semua sisa detergent atau busa benar-benar hilang. Karena sisa detergent yang menempel pada pakaian akan menimbulkan bau tidak sedap dan meninggalkan bercak berwarna putih pada pakaian, apalagi jika yang anda cuci itu adalah celana jeans atau baju yang tebal.

Anda pun bisa membilas pakaian dengan mesin cuci, yaitu dengan mengisi air bersih pada tabung lalu memasukkan pakaian dan memasang waktunya. Bilaslah sampai pakaian sudah benar-benar bersih dari sisa detergent.

2.Peras pakaian

Agar Cucian Tidak Berbau Apek Saat Musim Hujan
Sumber : bonaventuredental.com

Peras pakaian sampai air cucian benar-benar bersih, akan lebih mudah jika anda memerasnya dengan menggunakan mesin pengering.

3. Menggunakan pewangi pakaian

Agar Cucian Tidak Berbau Apek Saat Musim Hujan
Sumber : How Clean

Dengan menambahkan pewangi pakaian pada bilasan yang terakhir, cucian moms akan harum tahan lama walaupun di jemur di tempat yang tidak terkena matahari langsung.

  1. Moms pun bisa memilih detergent yang sudah mengandung pewangi agar proses mencuci moms bisa lebih efisien. Banyak sekali pilihan detergent yang bisa moms lihat di hemat.id. Selain moms bisa melihat semua jenis deterjent di semua supermarket, hypermart, dan minimarket, moms juga bisa mendapatkan detergent dengan harga promo termurah. Jadi jangan ragu lagi untuk membuka hemat.id.

4. Menjemur di area terbuka

Agar Cucian Tidak Berbau Apek Saat Musim Hujan
Sumber : buildingpartnershipsma.org

Jemurlah pakaian anda di area yang terbuka dan bukan di dalam kamar atau daerah dapur, karena selain baju beresiko bau dari asap saat moms memasak pakaian juga akan lama kering dan akan berbau apek.

Sebaiknya moms mempersiapkan tempat yang akan selalu digunakan sebagai tempat menjemur saat hari hujan, misalnya di daerah teras rumah atau di daerah rumah yang jarang di lewati tapi ruangannya cukup untuk menjemur pakaian.

5. Menjemur

Agar Cucian Tidak Berbau Apek Saat Musim Hujan
Sumber : Papasemar.com

Lebih baik moms menjemur pakaian dengan cara di gantung dengan hanger pakaian atau dengan jepitan pakaian, hal ini akan mempercepat pakaian kering. Jika moms menjemur pakaian dengan melipat tali jemuran atau rak jemuran akan membuat pakaian lebih lama kering dan bisa membuat pakaian menjadi apek dan berjamur.

Dan saat menjemur atur jarak antar pakaian agar tidak terlalu dekat, hal ini agar udara bisa bersirkulasi di antara pakaian.

6. Setrika

Agar Cucian Tidak Berbau Apek Saat Musim Hujan
Sumber : Cantik Tempo.co

Jika pakaian masih terasa lembab, lebih baik moms biarkan saja dulu pakaian tersebut sampai benar-benar kering. Karena jika pakaian yang belum terlalu kering sudah di angkat dan tidak langsung di setrika bisa menjebabkan pakaian bau apek dan bisa-bisa bau nya melekat pada pakaian lainnya juga.

Lebih di sarankan pakaian yang sudah kering untuk di setrika, jika moms biasanya tidak mensetrika pakaian rumah untuk saat musim hujan maka moms harus mensetrika pakaian. Hal ini karena pakaian yang tidak di jemur di bawah sinar matahari akan terasa agak lembab walaupun sudah kering.

Tahan dulu mencuci selimut, handuk, dan pakaian-pakaian yang berbahan tebal selain akan memakan waktu lama untuk kering bahan-bahan seperti ini akan mudah sekali bau apek jika tidak kering dengan sempurna.

Berikan komentar anda di kolom komentar di bawah ini, semoga bermanfaat dan terima kasih