Tips Jitu Mendapatkan Tiket Kereta

Belum pesan tiket kereta untuk mudik saat lebaran? Atau belum pesan tiket kereta untuk kembali ke kesibukan sehari-hari? Cek disini untuk tips mendapatkan tiket kereta !

Riuhnya suasana menjelang liburan lebaran sudah dirasakan oleh kalangan perantau bahkan jauh sebelum bulan Ramadhan tiba. Tidak hanya ratusan orang, tapi ribuan orang berburu tiket untuk dapat berkumpul dengan keluarga saat hari raya Idul Fitri bagi yang merayakan. Apalagi alat transportasi seperti kereta api merupakan pilihan yang tepat untuk mudik. Selain tidak mungkin terkena macet di perjalanan, harganya bisa lebih terjangkau daripada naik pesawat. Jadi, bisa dibayangkan berapa banyak orang yang memperebutkan kursi kosong di kereta api untuk hari lebaran.

Menurut keterangan dari PT Kereta Api Indonesia yang dikutip oleh Liputan6 pada 16 April 2017, tiket kereta api sudah habis terjual untuk pemberangkatan H-5 sampai H+1 lebaran dari Jakarta ke beberapa tujuan yang ada di Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Lihat, betapa langkanya tiket kereta api menjelang lebaran bahkan sudah habis saat 60 hari sebelum lebaran tiba. Eits, jangan sedih dulu bagi Anda yang belum pesan tiket kereta api, hemat.id akan beberkan tips jitu demi dapat tiket kereta api saat lebaran berikut ini !

1. Gunakan berbagai saluran untuk pesan tiket kereta api

Saluran Pesan Tiket.png

Satu situs saja tidak cukup untuk mendapatkan tiket kereta api yang selangka ini. Anda boleh mencari tiket kereta api di situs resmi PT Kereta Api Indonesia (KAI), tapi gunakan beberapa lainnya dari 26 saluran pesan tiket kereta api yang sudah bekerja sama dengan KAI. Tokopedia, traveloka, Alfamart, Indomaret, dan sebagainya bisa menjadi alternatif lain untuk pesan tiket kereta api.

2. Cari tahu alternatif rute untuk ke kota tujuan

Rute yang berbeda.jpg

Seperti yang sudah dikatakan oleh PT Kereta Api Indonesia, tiket pemberangkatan dari Jakarta ke beberapa tujuan sudah ludes terjual. Oleh karena itu, harapan yang Anda miliki sangat sedikit untuk berhasil memperoleh tiket kereta api dari Jakarta. Tapi jangan khawatir karena Anda dapat mencari rute lain untuk sampai ke kota tujuan. Contohnya, Anda bisa menggunakan alat transportasi lain menuju Bandung lalu memesan pemberangkatan kereta api dari Bandung ke kota tujuan. Jadi, untuk pemberangkat dari kota A ke kota C, gunakan alternatif dengan berangkat dari kota A ke kota B, dilanjutkan dari kota B ke kota C.

3. Pesan tiket dari jauh hari

Pesan dari Jauh Hari.jpg

Baik saat akan mudik maupun pulang dari mudik, lebih disarankan untuk memesan tiket jauh sebelum hari keberangkatan. Mengingat tidak sedikit orang yang ingin melakukan perjalanan ditambah tiket kereta api memang dapat dipesan 90 hari sebelum tanggal keberangkatan. Selain itu, segeralah mengganti hari keberangkatan jika semua tiket dinyatakan habis. Pilih H-1 atau H+1, jika masih tidak kehabisan lanjutkan menjadi H-2 atau H+2, dan selanjutnya seperti itu.

4. Pastikan koneksi internet stabil

Koneksi Internet Stabil.jpg

Hal paling penting saat Anda melihat tiket kereta api pada hari tertentu masih tersedia adalah koneksi intenet yang dimiliki. Tidak ada yang bisa menjamin Anda tetap berhasil mendapatkan tiket kereta api jika Anda terlambat satu menit saat menyelesaikan pemesanan tiket kereta api. Anda bisa mulai perhatikan jam berapa dan dimana koneksi internet mulai lancar beroperasi, bisa jadi saat dini hari atau malam hari. Lalu Anda juga bisa menyiapkan terlebih dahulu hal-hal yang diperlukan untuk memesan tiket kereta api agar kecepatan pemesanan tiket dapat dilakukan semaksimal mungkin.

Begitulah 4 tips mendapatkan tiket kereta api saat lebaran khusus untuk Anda. Semangat berburu tiket kereta api, semoga selamat sampai tujuan. Hemat.id mengucapkan selamat merayakan Ramadhan serta hari raya Idul Fitri bagi yang merayakan, salam hangat untuk keluarga di rumah.

Oiya, untuk Anda yang suka membeli tiket secara online, jangan lupa untuk menyimak voucher diskon tiket.com dan juga voucher diskon traveloka yang ada di hemat.id ya.