Makanan Spesial Hari Kemerdekaan

Perlombaan untuk menyambut Hari Kemerdekaan sudah di mulai. Dekorasi-dekorasi yang didominasi dengan warna merah dan putihpun sudah mulai terpasang di setiap gang dan jalan-jalan di sepanjang perumahan.

Wah, saya jadi ikutan bersemangat saat melihat antusias masyarakat dalam menyambut Hari Kemerdekaan yang ke-74 tahun di tahun ini, sangat patut diapresiasi. Nah tidak mau kalah, tahun ini sepertinya menarik ya jika kita juga menyiapkan makanan yang bernuansa merah putih. Berikut ini inspirasinya :

Sumber : Okezone Lifestyle

1. Klepon Merah Putih

Makanan tradisional yang memiliki tekstur kenyal dan manis ini bisa diubah menjadi makanan pelengkap di saat menyambut Hari Kemerdekaan RI tahun ini. Berikut resepnya :

Bahan :

200 gram ubi

75-100 gram gula merah, disisir

5 sendok makan tepung ketan

Secukupnya vanili bubuk

Secukupnya garam

Secukupnya air

Secukupnya kelapa parut, di bagi dua lalu diberi pewarna merah dan sisa nya tidak di beri pewarna

Secukupnya pewarna merah

1-2 Lembar daun pandan

Cara buat :

1. Kupas ubi, lalu potong-potong agar lebih cepat matangnya, setelah matang haluskan.

2. Tambahkan vanili, garam, dan tepung ketan lalu aduk rata. Tambahkan air sedikit demi sedikit sampai adonan ubi bisa dibentuk.

3. Bagi adonan menjadi dua bagian, adonan 1 diberikan pewarna merah dan adonan 2 tidak di beri pewarna. Aduk sampai warnanya rata.

4. Setelah warna merata bentuk adonan menjadi bulat terlebih dahulu. Lalu lubangi bagian tengahnya, masukkan gula merah, kemudian dibulatkan kembali.

5. Masak air dan daun pandan, didihkan. Masukkan klepon lalu tunggu sampai klepon mengapung, tiriskan.

6. Gulingkan klepon yang sudah diberi pewarna merah ke parutan kelapa yang bewarna merah. Gulingkan klepon yang tidak diberikan warna ke parutan kelapa yang berwarna putih.

7. Klepon Merah Putih siap disajikan.

(Resep Anggun Wibawa)

2. Tumpeng Merah Putih

Sumber : CNN Indonesia

Tumpeng adalah sajian yang wajib ada saat perayaan Hari Kemerdekaan. Tumpeng Merah Putih sebagai menu makanan yang dilombakan atau sebagai salah satu sajian yang akan dimakan bersama-sama.

Bahan :

800 gram beras putih

200 gram beras ketan

1200 liter santan

2 batang serai

1 sdm kunyit halus

1 sdm air jeruk nipis

4 lembar daun salam

2 sdm garam

1 lembar daun pandan

Secukupnya pewarna merah atau bisa juga dengan menggunakan angkak

Cara membuat:

1. Cuci beras ketan dan beras putih, tiriskan lalu kukus dengan menggunakan panci.

2. Masak santan, daun salam, pandan, serai, dan garam dengan api kecil tunggu sampai mendidih. Lalu matikan api.

3. Masukkan beras ke dalam santan, gunakan api yang kecil, aduk rata. Biarkan sampai santan habis, setelah beras menjadi aron masukan air jeruk nipis, aduk kembali.

4. Sebelum dikukus, bagi beras aronan menjadi dua bagian dan tambahkan satu bagian dengan pewarna merah dan sisanya biarkan putih. Kemudian kukus beras selama kurang lebih 20 menit.

5. Setelah matang, angkat dan tuang tumpeng yang berwarna merah ke dalam cetakan tumpeng yang sudah diberi alas dengan daun pisang dan sudah diolesi dengan sedikit minyak sayur. Tekan-tekan sampai benar-benar padat kemudian cetak tumpeng yang berwarna putih dan lakukan hal yang sama.

6. Letakan tumpeng yang sudah dicetak dibagian tengah piring saji atau tampah, lalu tambahkan dengan aneka lauk disekeliling tumpeng atau sesuai selera.

Baca Juga : 6 Macam Lomba Paling Seru Hanya Ada Saat 17 Agustus

3. Putu Ayu

Sumber : MasakApaYa

Putu Ayu yang biasanya berwarna hijau bisa kita ganti menjadi berwarna merah agar sesuai dengan tema Hari Kemerdekaan, ini resepnya :

Bahan :

250 gram terigu protein sedang, lalu ayak

4 butir telur

125 gram gula pasir

1 sendok teh cake emulsifier

1/4 sendok teh vanili bubuk

1/4 sendok garam

200 ml santan sedang

2 lembar daun pandan

1 sendok teh pasta pewarna merah

Secukupnya kelapa yang agak muda

Cara buat :
1. Pertama-tama siapkan cetakan Putu Ayu yang sudah diolesi sedikit minyak, lalu sisihkan.

2. Kukus terlebih dahulu kelapa yang sudah ditambahkan sejumput garam dan sedikit vanila bubuk. Angkat dan dinginkan.

3. Tata kelapa yang sudah dikukus ke dasar cetakan sambil di tekan-tekan agar padat, sisihkan.

4. Masak santan bersama dengan daun pandan dengan menggunakan api kecil, tunggu sampai mendidih  lalu langsung matikan api. Buang daun pandannya dan dinginkan.

5. Setelah dingin masukkan pewarna makanan yang berwarna merah, aduk sampai rata.

6. Kocok telur bersama gula pasir, cake emulsifier, garam dan vanila bubuk dengan menggunakan mixer. Kocok dengan kecepatan sedang sampai adonan mengembang serta kental berjejak.

7. Masukan tepung terigu sedikit demi sedikit, aduk rata dengan menggunakan spatula. Setelah rata masukkan larutan santan sedikit demi sedikit sambil diaduk dengan teknik aduk balik sampai merata.

8. Panaskan kukusan, bungkus tutup dandang dengan kain bersih.

9. Masukan adonan kedalam cetakan yang sudah diberi kelapa parut, tuang hingga hampir penuh.

10. Setelah panas, masukkan cetakan ke dalam kukusan selama kurang lebih 20 menit atau sampai matang, sajikan.

4. Jus Merah Putih

Sumber : bertuahpos.com

Setelah kenyang dengan makanannya, sekarang kita bahas yang segar-segar seperti Jus Merah Putih ini. Cara buatnya cukup mudah! Pertama blender sirsak dan juga semangka secara terpisah. Siapkan gelas tinggi agar perpaduan kedua buah ini lebih terlihat. Masukkan jus sirsak terlebih dahulu, kemudian masukkan jus semangka di bagian atasnya. Kemudian sebagai hiasan Anda bisa menambahkan potongan semangka atau potongan stroberi dipinggiran gelasnya.

5. Es Krim Kemerdekaan

Sumber : //www.exploringhealthyfoods.com

Selain Jus Merah Putih, ada juga es krim berwarna merah putih yang tentu saja nikmat sekali dimakan setelah berlomba tujuh belasan. Terbuat dari greek yogurt tanpa lemak, dengan rasa plain atau vanila. Warna merahnya bisa berasal dari buah stroberi yang diblender dengan campuran gula atau madu serta sedikit air.

Cara buatnya sangat mudah, pertama siapkan cetakan es krim, tuang adonan es krim yang berwarna merah terlebih dahulu lalu masukkan ke dalam freezer selama kurang lebih 2-3 jam. Setelah es krim membeku tuang adonan es krim yang berwarna putih kemudian bekukan selama 2-3 jam.

Spesial HUT RI, Inspirasi Merah Putih Meja Kerja

Bagaimana, mudah kan cara membuatnya? Anda bisa mendapatkan bahan-bahan resepnya di hemat.id. Anda akan disajikan informasi lengkap mengenai harga-harga promo yang sedang berlangsung di Supermarket atau Minimarket yang berada sekitar Anda.